Share

Jaga Kebersihan yuk!

Assalamualaikum Wr.Wb.
Kamis, 30 November 2017


Memasuki materi kedua di Kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional saya senang sekali dan  semakin bersemangat, karena materi kali ini adalah tentang Melatih Kemandirian. Dan untuk tantangan atau games level 2 ini, saya tetap memilih melakukannya dengan si sulung Umar. 

Kemandirian memang harus diajarkan kepada anak sejak dini, ini akan berguna untuk kehidupannya kelak di masa depannya. Saya akan memulai dari hal-hal terkecil dahulu yang bisa dilakukan oleh Umar. Saya pun selalu mengajarkan kemandirian kepada anak-anak sejak dia mengerti apa yang saya sampaikan, semisal tentang kebersihan. Mulai dari kebersihan dirinya, sampai kebersihan rumah dan lingkunganya.

Nah hari ini games level 2 dimulai, saya mengatakan kepada umar bahwa hari ini umar akan umi ajarkan bagaimana umar bisa ikut menjaga kebersihan rumah. Seperti biasa ketika saya mengajarkan si abang , si adek zea pun ikut serta.

Pagi tadi setelah asik main, si abang umar minta minum. Memang kadang dia lupa meletakkan gelas minumnya kembali ke atas meja, dan ini pun masih PR bagi saya. Akhirnya pagi tadi tanpa sengaja dia menumpahkan air dalam gelas bekas minumannya. Saya hanya memandangnya dan mengatakan bahwa setelah minum umar harus meletakkan gelas kembali ke atas meja, agar tidak mudah tersenggol dan tumpah. 

"Airnya tumpah mi" kata umar sambil memelas.

"Kalau airnya tumpah, kan karpetnya jadi basah nak, ayo umar harus ngapain?" Tanya saya sambil menunjuk ke arah kain kotor.

Dia segera buru-buru ke arah cucian kotor dan mengambil lap, segera di lapnya air yang tumpah di karpet tersebut. Lalu dia meletakkan lap itu kedalam ember cucian. Memang terkadang dia ingat dan mau membersihkan tapi terkadang dia juga bertingkah hehe.

Lalu saya menasehatinya. 

"Umar, nanti kalau habis minum, jangan lupa ya tarok gelasnya kembali ke atas meja, ok". Jelas saya lembut padanya.

"Ok mi" Dia selalu menjawab seperti itu.


Nah besok saya mau mengajarkan umar agar selesai makan dan minum kembali meletakkan piring dan gelas ke meja atau ke tempat cucian piring. semoga dengan ini dia tahu kalau dia harus bisa melakukannya sendiri tanpa harus di suruh suruh lagi. Siap untuk hari esok....
Wassalam.

#Harike1
#tantangan10hari
#Level2
#KuliahBunsayIIP
#MelatihKemandirian


Tidak ada komentar: