Share

Dua Jempol untuk Umar

Assalamualaikum Wr.Wb.
dua jempol untuk umar


Memasuki hari ketiga dalam melakukan tantangan menerapkan Komunikasi Produktif dalam Kuliah Online Bunda Sayang IIP, cukup membuat Saya puas sampai di hari ini. Cara berkomunikasi yang telah Saya ubah dalam mengajak Umar {4thn 9bln} untuk tidak lagi malas memakai baju sendiri cukup berhasil. Alhamdulillah.

Tantangan atau yang disebut game level 1 {dalam Kuliah Online Bunda Sayang IIP} ini, Saya lakukan setiap pagi setelah Umar mandi pagi. Dan sampai di hari ketiga ini alhamdulillah berjalan makin baik, dan Saya berharap dari game level 1 ini kedepannya Umar tidak perlu lagi disuruh-suruh untuk memakai baju sendiri, Saya berharap dia bisa memahami bahwa setelah mandi langsung bisa mengambil baju sendiri di lemari dan langsung memakainya tanpa perintah dari ummi atau babenya {sebutan anak-anak untuk ayah mereka}

Seperti yang tadi saya jelaskan bahwa di hari ketiga sudah ada nampak perubahan pada pemahaman Umar, selanjutnya saya akan tetap terus memantaunya hingga tujuan saya diatas bisa tercapai. Aamiin.

Pagi tadi....

"hai, anak umi udah bangun. Assalamualaikum Umar." Begitu saya selalu menyapa Umar setiap dia bangun pagi dan langsung nemeluknya. Seandainya saya lupa melakukan ritual ini setiap pagi, maka dialah yang akan menyapa saya duluan dengan sapaan khas nya "mi,, umar udah bangun!"  kata-kata ini menunjukkan bahwa dia ingin disapa dengan sapaan diatas alias ritual diatas.

Kebetulan tadi pagi Saya telah selesai urusan memasak sarapan jadi Saya langsung menawarkan kepadanya untuk segera mandi. Setelah mandi selesai, saya baru ingat untuk mengatakan the magic word yang sudah dua hari ini saya pakai untuk membuat dia paham bahwa dia harus memakai baju sendiri mulai dari sekarang dan kedepannya. "Umar Anak Pintar".

"eh sayang, sana ambil baju dan celananya dan jangan lupa pakai sendiri ya anak pintar" pinta saya padanya. Saya pun menjelaskan bahwa dua hari yang lewat dia sudah menjadi anak yang baik dan mau menurut kata umminya. 

Sementara saya kembali sibuk dengan cucian, eh tiba-tiba dia sudah selesai memakai celana dalam dan saya hampir lupa untuk mendokumentasikannya. Saya langsung tergopoh-gopoh mengambil HP yang sedang di recharge di dekat televisi dan hampir saja terpeleset. Syukurlah masih bisa cekrek, cekrek sambil menahan ketawa karena saking senangnya melihat perubahan umar dan ingat hampir terpeleset tadi, sungguh pagi tadi Saya sangat senang.



Setelah selesai sesi pemotretan, saya pun memberikan umar hadiah dua jempol sambil berkata padanya "Umar Pintar, dua jempol buat Umar." Dia pun ikut senang dan ikut mengacungkan dua jempolnya kearah ummi, dengan sigap saya yang masih pegang HP langsung tekan tombol kamera lagi. Akhirnya kami tertawa lepas dan saya jelas langsung memeluknya, sambil berdoa untuk kebaikannya.

#hari3
#Gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayIIP









Tidak ada komentar: