Share

Bantu Umi Mematikan Air Kran di Kamar Mandi

Assamualaikum Wr.Wb.
Sabtu, 09 Desember 2017


Hari Sabtu ini, saya sedikit kejar-kejaran, pasalanya banyak kegiatan diluar yang musti saya jalankan, acara Arisan Produk, Pesta Pernikahan dan Arisan Komplek, paket komplit semuanya. 

Dari pagi saya bangun sudah agak telat, karena lagi datang bulan, jadi blas terbangun jam 7 pagi. Setelah cuci piring rencana saya akan keluar mencari sarapan untuk anak-anak dan suami. Pengennya sih makan mie ayam pagi ini. Belum lagi saya siap-siap berangkat keluar si abang umar bangun, dan yah seperti biasa dia minta ikut.

Sesampai di kantin tempat jualan sarapan, saya bertanya kepada umar, mau sarapan apa pagi ini, ada mie ayam, nasi goreng atau kue. Menyuruh anak-anak memilih sesuatu juga merupakan suatu kemandirian, agar kelak dia bisa memutuskan segala tindakan yang dia sudaj yakini tanpa ragu dan plin-plan. 

"Nasi goreng Mi." Tetap saja dia memilih nasi goreng, hehehe walau sebenarnya dia juga suka mie ayam, tapi pilihan pertamanya pasti nasi goreng dulu. Begitulah umar, saya selalu membiasakan dia untuk memilih, baik itu untuk memilih baju, makanan bahkan memilih untuk tidur atau lanjut main.

Siangnya setelah acara arisan produk selesai, lanjut ke acara pesta pernikahan pak rw, disana anak-anak tidak rewel karena perutnya sudah kenyang sebelumnya, jadi bisalah tenang di pesta itu. Nah karena dekat kerumah mertua jadi kami singgah dulu kerumah mertua, dan main disana sebentar. Ketika Ashar menjelang kami pun lanjut pulang, di perjalanan si adek ketiduran sampai kerumah. Akhirnya saya pun lanjut arisan komplek dengan membawa abang umar, dan adek zea tidur dirumah ditemani Babe.

Di tempat arisan komplek, si abang juga tidak rewel, dia hanya minta minum dan sepotong kue, lalu setelah acar selesai, kami pun berpamitan sama tuan rumah, dan tidak lupa saya selalu mengajarkan umar untuk bersalaman dengan tuan rumah dan mengucapkan terimakasih.

Sesampai di rumah langsung disambut azan magrib, karena saya sedang datang bulan jadi si abang sholat sendiri, nah pas dia ambil wudhuk dia lupa mematikan air kran di kamar mandi, Saya pun menuggu hingga dia menyelesaikan sholatnya, barulah setelah itu saya menyuruhnya untuk mematikan air kran di kamar mandi yang airnya sudah penuh. Saya pun menasehatinya.

"Babang, selesai hidupkan air kranm jangan lupa matikan kembali ya, jangan nuggu umi lagi yang matikan ya Nak." Nasehat saya, memang biasanya saya yang selalu mematikan air kran, dan saya lupa untuk menyuruhnya sendiri untuk mematikan. Kali ini saya akan terus berusaha untuk mengajarkan kemandirian kepada umar sebisa saya dan sesuai dengan apa yang dia bisa. Sesuai yang saya pelajari di Kelas Bunda Sayang IIP.




#Harike10
#tantangan10hari
#Level2
#KuliahBunsayIIP
#MelatihKemandirian

Tidak ada komentar: