Share

The Magic Word "Anak Pintar"

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hari ini adalah hari kedua melakukan tantangan atau game level 1 materi Komunikasi Produktif bersama IIP {Institut Ibu Profesional} Kelas Bunda Sayang Batch #3. Saya sangat senang sekali bisa menemukan satu kata yang menurut saya magic, yang dari kemarin di hari pertama tantangan telah Saya gunakan pada partner saya dalam game ini yaitu bersama si anak bujang "umar" {4thn 9bln}. Kata itu adalah "Anak Pintar".

Pada tantangan hari pertama kemarin, kasusnya adalah umar yang malas memakai baju sendiri,  dengan kalimat yang produktif alhamdulillah dia yang awalnya enggan untuk memakai baju sendiri akhirnya mau untuk memakai bajunya sendiri baca disini. Hingga sorepun ketika selesai  mandi dia langsung dengan sigap mengatakan "umar anak pintar kan mi?" Sambil mengambil bajunya di lemari dan happ langsung memakainya.. GOOD JOB BOY!



Hari Ke-2

Pagi tadi dia agak telat bangun karena semalam rada batuk dan pilek, karena tidak ada indikasi demam makanya Saya tetap memandikannya. Ketika mandi saya mengajaknya ngobrol tentang tantangan hari ini,

"Umar, nanti setelah mandi pakai baju sendiri lagi ya?" Saya menatap wajahnya sambil tetap menggosok badannya pakai sabun.

"hmmm" dia hanya berguman sambil asik mengusap matanya yang pedih kena shampo. 

"eh maafkan umi nak, matanya perih ya kena shampo?" Saya pun langsung menyiram tubuhnya dari kepala sampai kaki. Dia hanya mengangguk dan sedikit merengek.

"oke, sudah bersih nak, oia nanti pakai baju sendiri ya,, kan Umar anak pintar" pinta Saya sambil membersihkan sisa air ditubuhnya dengan handuk. Saya baru ingat menggunakan kata magic itu untuk meyakinkan dia agar hari ini mau memakai bajunya sendiri lagi.

"oke mi" katanya dengan penuh semangat.


"anak pintar"

Alhamdulillah hari ini berhasil dengan the magic word "Anak Pintar". Tidak ada lagi drama dia ngumpet di balik gorden seperti kemarin hihi, dan kata-kata ini juga memberikan efek yang baik untuk adeknya Mazea {3thn 2bln}, si bungsu ini juga telah tersihir dengan kata-kata itu dan dia juga tidak mau kalah dengan si abang dalam melakukan hal yang sama yaitu memakai baju sendiri. 

"dedek juga pintar mi, dedek pakai baju sendiri juga" ujar zea, ketika Saya mau memakaikan baju untuknya. Alhamdulillah saya hanya bisa bersyukur dan tersenyum senang. Komunikasi dengan anak memanglah harus dipilah-pilah dan intonasi serta pendekatannya haruslah lembut seperti mereka.

"bang, dedek juga pintar bang"

Sukses hari ini dengan  the magic word "Anak Pintar". Ibarat pepatah "sekali mendayung 2  3 pulau terlampaui". hmmm bagaimana besok ya?


#Hari2
#Gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayIIP

Tidak ada komentar: