Share

AMM Project Jangan Bersisa Makan

Assalamualaium Wr.Wb
Jumat 12 Januari 2018


Selamat malam Bunda Sahabat Catatan Sunrose, yap saya menyapa selamat malam, karena memang saat saya menulis ini sudah jam setengah delapan malam, hehe. Saya lanjut yah di hari kesembilan project AMM bersama umar.

Hari ini saya ingin mengajarkan umar tentang "Jangan Bersisa Makan".


Sering sekali kita melihat bahkan kita sendiri pernah melalukan hal itu, yaitu sering bersisa saat makan. Apalagi sering kita lihat saat di pesta walimahan atau acara - acara lainya. Hal yang kita anggap sepele tapi sebenarnya punya dampak yang besar bagi masyarakat laiinya.

Saat kita lapar, kita pasti berkeinginan untuk makan ini dan itu, pun saat tersedia aneka makanan di pesta atau acara-acara, kita pasti ingin makan semua atau yang disebut "lapar mata".

Nah, saya pun kadang sering begitu {tutup muka}. Maka dari itu saya ingin berubah juga demi anak-anak, saya tidk ingin anak-anak tumbuh dengan tidak menghargai makanan yang sudah Allah berikan sebagai rejeki untuk kita.

Umar dan zea juga sering seperti itu, ketika beli makanan, misal snack atau cemilan, mereka cenderung ingin memakan semuanya, atau membuka semua bungkusnya, mungkin mereka penasaran dengan rasa dari setiap snack atau cemilan yang orang tuanya belikan. Memang kadang salah saya juga, kalau beli sesuatu suka banyak -banyak, maksud hati untuk stok, tapi malah dibuka semua, akhirnya sering kebuang sia-sia.

Seperti makan malam ini, saat ini umar sedang suka makan nasi pakai ayam panggang, jadinya saya membelika untuknya 2 poton sekaligus, awalnya dia mau ke dua potong ayam itu ada dipiringnya, tapi saya mengingatkan bahwa habiskan dulu satu potong lauknya, jika masih lapar maka boleh tambah, tapi maksimal hanya 2 potong yah.

Awalnya dia menolak karena mungkin merasa sangat lapar, tapi saya menegaskan lagi bahwa hanya boleh 1 poton lauk saja, begitu juga Babenya {red:ayah} umar juga ikut melarang. Akhirnya dia mau makan dengan 1 potong lauk. 

Kemudian kami membiarkan dia makan, tak lama setelah itu dia minta tambah, memang tidak ada sisa lauk lagi di piringnya, habis ludes lahap dimakan umar heheh, akhirnya sesuai janji saya, sayapun menambahkan satu lauk lagi ke piringnya dengan perjanjian bahwa lauk kedua tidak boleh sisa.

Tapi di akhir umar menyisakan lauknya separo dan dia mengatakan sudah kenyang, umar pun dapat warning dari babe, bahwa kalau makan jangan sampai bersisa, makanya makan jangan suka lapar mata nak, akhirnya tidak habis kan.

Setelah umar selesai makan, dia pun mengeluh kekenyangan sekali, lalu saya dan babe nya mengingatkan bahwa kalau makan itu jangan sampai berlebihan kenyangnya, akibatnya nanti akan sakit perut. Umar hanya senyum senyum sambil menahan kekenyangan perutnya.

Umar Umar....








#tantangan_hari_9
#game_level_3
#kelas_bunsayiip3
#kami_bisa

Tidak ada komentar: