Share

AMM Project Berbagi Cemilan

Assalamualaikum wr.wb
Rabu 10 Januari 2018







Hai Hai lagi Bunda Sahabat Catatan Sunrose.

Malam ini saya lanjut nulis nie,, kebut saya hehe, karena kemarin saya ketinggalan satu hari nulis tantangan games level 3 di Kelas Bunda Sayang IIP, hari ini saya jadi kebut untuk buat 2 tulisan sekaligus, semoga bunda masih betah yah membacanya,, kalau gitu boleh koment dong dibawah, saya tunggu yah,, 😊

Hari ini sudah masuk hari ketujuh dari 10 hari tantangan nulis sih bagi saya hehe, iya nulis tentang AMM Project yang insyaallah akan terus saya terapkan kepada anak-anak saya. Dalam adab makan dan minum tidak melulu soal makan dengan basmallah atau berdoa, kemudian makan dengan cara duduk dan dengan menggunakan tangan kanan, serta tidak bersisa dan mengucapkan hamdalah, namun ada hal lain juga yang perlu kita ajarkan kepada anak-anak kita lewat adab makan dan minum.

Sebagaimana Rasulullah mengajarkan bahwa kita musti berbagi kepada orang lain, termasuk berbagi makanan juga, maksudnya tertuang dalam pesan Rasulullah dalam sebuah hadist yaitu :

Dari Abu Dzarr radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Wahai Abu Dzarr, jika engkau memasak masakan berkuah, maka perbanyaklah kuahnya dan perhatikanlah tetanggamu.” (HR Muslim)

Nah dari hadist diatas, saya pun ingin mengajarkan kepada anak-anak tentang berbagi makanan ini, memang kita tidak bisa memaksa anak-anak karena biasanya anak-anak akan mempertahankan miliknya atau kepunyaannya yang dia sukai, terlebih soal makanan yang dia pegang.

Begitu juga yang kerap terjadi antara kedua anak saya, umar dan zea. Seperti sore tadi, ketika snack atau cemilan tinggal sebungkus di kulkas, biasanya agar mereka tidak bertengkar saya memberikan mereka masing-masin sebungkus, tapi sore tadi cemilannya hanya tinggal sebungkus saja. Alhasil si abang Umar yang duluan mengambil snack itu dan merasa itu miliknya, serta si adek zea pun cemberut.

Saya telah berusaha membujuk si adek, tapi si adek kekeh juga, ingin meminta cemilan yang  sudah duluan di ambil si abang umar. 

"Adek, nanti kita beli lagi ya" Bujuk saya kepada adek zea.

Sementara saya juga merayu si abang umar agar mau berbagi cemilan dengan adeknya. Awalnya dia menolak tapi saya mengatakan "Kalau nanti adek punya snack juga dan adek tidak mau berbagi dengan abang, apakah abang sedih?" Nasehat saya pada umar.

Akhirnya dengan sedikit berpikir si abang luluh juga, dan mau berbagi cemilannya dengan adek zea.
Barulah tenang dunia saya, hehe.

OK Sahabat Sekian dulu cerita malam ini, tingal 3 hari lagi, setiap hari ada saja hikmah dari kehidupan ini yang bisa kita pelajari kembali dan ajarkan kepada anak-anak kita.
Wassalam







#tantangan_hari_7
#game_level_3
#kelas_bunsayiip3
#kami_bisa

Tidak ada komentar: