Share

Aliran Rasa "Melatih Kemandirian Anak"

Assamualaikum Wr.Wb
21 Desember 2017

Sebulan sudah saya mengunyah materi "Kemandirian" di Kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional, plus melakukan tantangan melatih kemandirian yang saya lakukan terhadap anak sulung saya "Umar",  selama lebih kurang 10 hari.

Dalam 10 hari tantangan itu, saya melatih Umar dengan tema "Ikut Menjaga Kebersihan Rumah". Nah dalam tema ini, saya mengajak umar untuk melakukan hal-hal yang sekiranya bisa dia lakukan sendiri, semisal, membereskan mainannya sendiri, membuang sampah dan membereskan piring sisa makanannya ke dapur.

Biasanya, saya selalu membereskan semua mainanya, sisa makannya, sampah sisa snack nya, tapi setelah saya mengikuti Kelas Bunda Sayang IIP, dan di ajari materi tentang Kemandirian, dan saya merasa Pentingnya Melatih Kemandirian Anak sejak dini, maka saya mulai melatih kemandirian anak-anak saya yang dimulai dari hal-hal kecil diatas.

Hari demi hari, yang awalnya anak saya sedikit enggan melakukan hal-hal itu, karena biasanya sayalah yang membereskan rumah, tapi setelah saya mengajak Umar untuk ikut serta dalam menjaga kebersihan dirumah, dia pun pandai mengajak adeknya ikut serta terutama saat membersihkan mainan mereka.

Saya senang dengan perubahan yang terjadi pada diri umar, dan bisa juga mengajak adeknya untuk ikut serta, sekarang jika ada mainan yang berserak, dia akan segera menyuruh adeknya untuk membereskan mainan itu kembali.

Tapi namanya anak-anak kadang dia asik main dan lupa untuk melakukan hal-hal yang sudah saya ajarkan diatas, untuk itulah tantangan ini akan terus berlanjut sampai ia besar nantinya. Saya berharap dia bisa belajar tentang kemandirian ini sejak dini, guna masa depannya kelak, Terimakasih IIP.


Oia,,, ini ada hadiah dari IIP sebagai hasil dari konsisten mengerjakan tantangan di Games Level 2 yang bertajuk Kemandirian. Terimakasih IIP.





#aliranrasa
#level2
#kuliahbunsayIIP
#melatihkemandirian



Tidak ada komentar: