Share

Kepatuhan dan Menyusun Buku Sendiri

Assamualaikum Wr.Wb
Rabu, 06 Desember 2017


Hari ini saya mendapat suatu teguran dari Allah Subhanahu Wataaala, pasalnya pagi tadi saya mau mengantar mertua ke salah satu toko pakaian anak untuk membeli kado. Pagi-pagi saat saya hendak berangkat menjemput mertua yang rumahnya tidak jauh dari rumah kami tiba-tiba si abang umar bangun, seperti biasa dia selalu minta ikut dan tidak bisa bilang tidak. Akhirnya saya pun mengajak umar. Setiba di rumah mertua, mertua pun meminta saya untuk memakai helm, tapi saya menolak dengan alasan "Dekat kok mam"

Sesampai di toko pakaian, maksud hati mama mertua mau membeli kado untuk keponakan adik ipar, eh si abang umar tahu bener ini toko pakaian, dia juga meminta dibelikan baju berwarna kuning bergambar mobil-mobilan, hmm kesukaan babang umar banget kalau baju bergambar mobil tersebut. Dia langsung menunjuk baju kesukannya itu dan meminta saya untuk membelinya juga. Karena saya memang niat untuk belikan baju juga buat umar jadilah saya menuruti permintaannya. Senangnya itu dia sudah bisa memilih sendiri baju yang disukainya, ini termasuk suatu hal dalam kemandirian juga.

Nah, setelah mama mertua minta diantar sampai ke pasar, saya dan babang umar lanjut perjalanan pulang. nah di perjalanan pulang, kami di stop oleh beberapa polisi yang ternyata sedang razia. Akhirnya saya berhenti, dan saya baru sadar kalau saya tidak pakai helm, astaghfirullah ucap saya dalam hati, ini adalah kesalahan saya yang tidak mau menurut kata mertua, jadilah kena tilang pak polisi.

Setelah urusan tilang selesai, saya pun lansung pulang dan melihat umar kebingungan, karena ini pengalaman pertamanya diberhentikan pak polisi di tengah jalan, akhirnya saya pun menjelaskan kepada umar, kenapa kita di stop pak polisi, karena kita tidak pakai helm dan tadi karena umi tidak patuh kepada neneknya alias orang tua umi, begitu penjelasa saya pada umar. Umar pun mengerti dan bilang ke saya "Mi besok pakai helm ya mi dan patuh pada kata nenek" Hehe pandai pula si anak bujang ini menasehati umi.

"Iya siap pak polisi"  Jawab umi membuat umar tersenyum.

Sore harinya saya mengajak umar untuk membaca beberapa buku yang berkaitan dengan kepatuhan dan kemandirian, si adek zea juga ikut antusias mendengar umi membaca buku cerita untuk mereka. Selesai membaca buku saya pun menyuruh keduanya agar kembali merapikan buku-buku yang sudah dibaca tadi ke rak buku. Awalnya mereka menolak, lalu saya mengatakan kepada mereka tentang ketidakpatuhan saya pagi tadi dan akibatnya, dan buku-buku yang tadi saya bacakan juga yaitu kepatuhan kepada orang tua. Akhirnya mereka angguk-angguk kepala dan langsung sigap menyusun kembali buku-buku yang berserakan dan menyusun kembali di rak buku.



Suatu pelajaran penting hari ini untuk saya, dan anak-anak tentang kepatuhan. Bahwa kita musti patuh kepada orang-tua, aturan yang telah dibuat apalagi kepada sang Pencipta Allah Subhanahu Wataala.


#Harike7
#tantangan10hari
#Level2
#KuliahBunsayIIP
#MelatihKemandirian





Tidak ada komentar: