Share

Bermain Warna Bersama Adek

Assalamualaikum Wr.Wb
02 Februari 2018






Bunda, Sahabat Catatan Sunrose, suka bingung enggak kalau ditanya soal gaya belajar bunda itu seperti apa? Hmm kalau diingat ketika masa sekolah dulu, saya sukanya hafalan dan suka bikin catatan kaki ketika guru menjeleskan di depan kelas, yah saya mencatat apa-apa saja yang saya rasa penting dari ucapan atau keterangan guru tersebut. Kira Kira gaya belajar saya masuk kemana yah,, hehehe.

Dalam Materi yang saya dapatkan di kelas kuliah online Bunda Sayang IIP, ada 3 Macam Modalitas Gaya Belajar yaitu Visual, Auditori dan Kinestetik. Kalau dari bahasanya sih Tipe Visual bisa memahami sesuatu dengan cara melihat, Audiotori tipe yang suka mendengar dengan mendengar saja mereka bisa memahami sesuatu, lain lagi dengan Tipe Kinestetik, mereka butuh praktek langsung atau butuh action untuk memahami sesuatu. Kira-kia gambarannya seperti itu bunda. Jadi Masuk kemana yah sayah?? 

👀👀👀👀👀👀👀👀👀👀👀

Baiklah sambil berjalannya materi ini saya akan fokus dulu ni Bun, dalam mengamati gaya belajar si Umar anak yang suka usil tapi sebeneranya maksudnya adalah suka mengajak teman bermain bersama.

Pagi tadi saya mengajak umar bermain dengan zea, yap kami namai bermain warna.

Nah soal warna ini kedua anak saya sudah bisa menjeleskan dan membedakan warna-warna Bun, biasanya setiap hari saya dan suami ketika bermain bersama anak selalu melakukan games warna ini, dengan melempar pertanyaan kepada anak-anak ketika dia memakai baju warna apa, atau menunjuk suatu warna yang ada di dalam rumah atau menunjuk benda apa saja yang ada disekitar mereka saat itu "What Colour This?" Begitulah pertanyaan yang kami lemparkan, dan anak-anak akan berebutan menjawab. Awalnya mereka mengenal warna dengan bahasa inggris, karena mereka mempelajarinya lewat visual youtube. Nah dengan game ini kami menjelaskan juga apa bahasa indonesia nya, sehingga mereka berdua hafal . Alhamdulillah.

Kalau menurut saya, belajar itu tak cukup sekali, musti setiap hari diulang, agar tidak lupa, oleh karena itu game tebak warna ini selalu kami lakukan baik dirumah maupun diluar rumah.

Umar mulai mengenal warna karena proses dia menonton atau melihat via youtube, selain itu saya juga mendonload aplikasi tentang warna di komputer dan bermain bersama umar, hal itu sudah saya lakukan seja umar berumur 1,5 tahun sampai sekarang umurnya akan 5 tahun.

Umar tipe yang tidak suka dibacakan cerita yang panjang, dia suka cerita yang singkat dan padat, dia juga kadang hanya dengan mendengar dia bisa hafal yang saya ajarkan, contoh kala itu dia asik bermain, dan saya sedang mengajarkan bacaan Alfatihah kepada zea, eh besoknya yang hafal alfatihah duluan malah si umar, heheh, emang sih sejak kecil saya selalu membacakan alfatihah kepada umar saat dia akan tidur atau saat dia sakit. mungkin karena dia sering mendengar makanya dia hafal. 

Jadi dia masuk tipe visual atau auditirori juga nih heheh.

Ketika tadi pagi bermain warna dengan adek zea, menggunakan media crayon dan kertas, mereka asik berdua, saling bertanya "What colour this" Sambil memegang crayon yang ditunjukkan, misal merah, kuning dll. Tidak puas dengan menjawab Umar lansung mencoretkan warna crayon yang telah  dijawab oleh adik zea, mungkin maksudnya untuk meyakinkan kalau memang itu warnanya. hehe seru juga melihatnya, teryata umar perlu bukti nyata juga, hhmm mirip mirip ke cara si tipe kinestetik yah,,, saya malah makin bingung,, ehehhe


Nah itulah kisah di hari kedua Bun, masih campur aduk ya bun, besok akan kita lanjutkan apa lagi yah metode si umar ini, hingga nanti bisa lebih terfokus, atau malah bisa ketiga metode belajar diatas.
Kita lanjut besok ya bun,,


"Untuk Umar, umi bikin catatam ini untuk pentunjukmu kelak ya nak,, muah,,"




#harike2
#tantangan10hari
#gamelevel4
#gayabelajaranak
#kuliahbunsayiip

Tidak ada komentar: