Share

ILMU YANG INGIN DI PELAJARI DI UNIVERSITAS KEHIDUPAN DUNIA



oleh    : Roza Sunita
Tugas : Kelas Matrikulasi Institut Ibu Profesional 
NHW  : Minggu 1


Istana Al-Hambra di Granada Spanyol {sumber www.salam-onlne.com}

Pilihan Satu Jurusan Ilmu di Universitas yang bernama Kehidupan Dunia.

Dunia adalah tempat kita mencari keridhoan dari Sang Khalik atau Sang Pencipta kita. Untuk menjalani kehidupan di dunia ini, diperlukan berbagai ilmu dan pengetahuan tentang segala aspek kehidupan yang akan kita lakukan di dunia ini.  Oleh karena itu Allah telah turunkan berbagai ilmu untuk kita pelajari dan kita amalkan. Sebagaimana dalam Al-quran Allah berfirman :

يَرْفَعِ اللهُ الَّذِينَ ءَامَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرُُ
Artinya :
Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmupengetahuan beberapa derajat (Q.s. al-Mujadalah : 11)
Betapa Allah memberikan kemulian kepada orang-orang yang beriman dan berilmu pengetahuan yang tujuannya tak lain dan tak bukan adalah untuk kebaikan manusia itu sendiri. Maka dari itu jika ditanya satu jurusan ilmu yang ingin saya pelajari di Universitas Dunia ini adalah yang utama yaitu ilmu agama islam.
Tak terkecuali tentang sejarah bagaimana islam agama yang di ridhoi oleh Allah SWT yang berkembang di bumi Allah sampai saat ini. Dulu semasa sekolah Saya sedikit lengah tentang pelajaran sejarah berkembangnya islam atau Sejarah Kebudayaan Islam saya malah fokus ke pelajaran umum dan saat ini saya ingin mempelajari kembali tentang sejarah tersebut.
Namun satu hal yang ingin Saya perbaiki juga adalah tentang ilmu cara beribadah kepada Allah, karena ibadah tanpa ilmu ibarat manusia tanpa kepala. Sia-sia lah ibadah yang kita lakukan tanpa di iringi dengan ilmu tentang ibadah itu sendiri. Semisal Wudhu, Sholat, Zakat, Puasa dan lain sebagainya, agar ibadah yang kita kerjakan di dunia ini bisa diterima oleh sang Pemilik Alam Semesta.
Alasan kuat saya ingin mempelajari kembali Ilmu tentang Agama Islam adalah Saya ingin memperbaiki diri sebagai hamba Allah dan ingin mengajarkan kepada anak-anak saya tentang sejarah islam dan tentang bagaimana ibadah kepada Allah menurut tuntunan Rasulullah SAW. Agar kelak anak-anak saya yang akan hidup di zaman yang di khawatirkan bisa melemahkan iman mereka yaitu akhir zaman yang sudah nampak tanda-tandanya saat ini.
Untuk itu saya telah membuat strategi dengan cara :
1. Dimulai dari diri sendiri, saat ini saya sering menyimak kajian sunnah dan berusaha memperbaiki ibadah saya yang mungkin kurang sempurna selama ini, serta berusaha selalu instropeksi diri dan menjauhi hal-hal yang hukumya tidak jelas. Saya juga kembali membeli buku-buku sejarah tentang islam dan pelan-pelan membacanya kembali.
2.     Untuk anak-anak saya tanamkan kecintaan kepada Allah dan Rasul SAW sejak dini dengan cara sering menyebut nama Allah dan Rasulullah dalam setiap kesempatan yang ada dengan sering bercerita atau menceritakan buku-buku yang saya baca. Saya juga  membangun kecintaan anak-anak terhadap buku-buku islam sejak dini dengan menghadirkan aneka buku anak-anak yang berlafaz islam dan sejarah islam. Agar tertanam dalam diri mereka kecintaan itu sejak kecil. Semoga saya mampu menjadi Ibu yang membawa mereka ke-keridhoan ALLAH SWT Aamiin Allahumma Aamiin.
Dalam menuntut ilmu sebelumnya perlu kita ketahui Adab Dalam Menuntut Ilmu, beberapa hari belakangan ini saya mengetahui tentang adab tersebut, dan poin yang ingin saya terapkan adalah
1.   Adab pada diri sendiri. Saya akan berusaha menepis segala rayuan dari memanfaatkan ilmu untuk kepentingan yang tidak baik, semisal hanya sekedar sebagai titel atau sekedar mencari pujian dari orang lain. Sifat manusia yang ingin dipuji tidak bisa saya elakkan, sebagai ibu rumah tangga biasa, saya juga ingin bisa menjadi ibu yang terbaik bagi anak-anak saya dan istri yang berbakti kepada suami.
2.      Saya akan mencari setiap kesempatan yang ada dan tidak ingin melewatkan kesempatan i untuk mengikuti kelas-kelas ilmu baik tentang kajian islam dan ilmu parenting yang tak kalah penting juga.
3.     Jika saya sudah dapat bergabung dengan majlis ilmu tersebut, maka saya berusaha bersungguh-sungguh untuk mengikutinya dan mencatat segala materi yang disampaikan, atau menyimpan filenya dengan rapi di komputer dan mengulang kembali, membaca serta memahaminnya.
Semoga Allah Ridhoi Langkah Perbaikan Diri ini, Aamin. Mari kita sama-sama berbenah diri untuk diri sendiri dan anak-anak. Agar kelak di karunia surga-Nya. Aamiin Ya Rabb.









Tidak ada komentar: