Share

Resep Bubur Salak Yang Masih Menggoda Selera

BUBUR BIJI SALAK 💙💙💙

Re Cook By Me Roza Sunita

Cemilan favorit semasa kecil.

Dulu, ketika amak {sebutan untuk ibu saya} hendak pergi kepasar setiap hari senin, saya selalu memesan kepada beliau "mak nanti belikan bubur candin ya mak ". Yap, di kampung saya ini namanya bubur candin, rasanya yang manis manis gurih, plus legit dan enak banget apalagi ketika disiram kuah santan yang makin nambah gurih rasanya, hmmm lezat,, 

Namun setelah lama merantau, saya sudah jarang menemui bubur ini, mungkin banyak yang jual di tempat perantauan saya ini, tapi entah kenapa saya sukanya bubur yang ada di kampung saya, mungkin lidah saya udah jatuh cinta dengan masakan si ibu penjual bubur di pasar itu.

Ketika menikah, ternyata sang mertua juga suka membuat bubur biji salak ini, dan rasanya sungguh menggoyang lidah.

Saya belum pernah membuatnya sendiri sebelumnya, dan hari ini, entah kenapa saya begitu bersemangat pengen mencoba resep dari sebuah buku resep masakan karya Lilly T.Erwin dengan Judul Hidangan Ramadhan dan Lebaran. 

Dan inilah dia hasil pertama saya memasak ulang menu Bubur Biji Salak tersebut, saya sedikit menghiasnya dengan dua helai daun pandan berbentuk hati {sedang bersemangat merias masakan} hmmm lezat 😋😋😋

Bubur Biji Salak ala saya 

Karena senangnya hati saya, sudah berhasil membuat masakan ini yang hampir mirip dengan aslinya {ehmm},  maka saya ingin berbagi resep dengan pembaca setia saya, simak resepnya yang sedikit saya modifikasi.
Menu di Buku dan Menu Hasil Masakan Saya
Yuk Siapkan Bahan Bahannya :



    • Bahan Biji Salak
      •  500 gram ubi jalar merah dikupas dan dicuci bersih, kemudian dikukus dan dihaluskan
      • 100 gram tepung tapioka
      • 1/2 sdt garam
    • Bahan Bubur
      • 1000 ml air
      • 250 gram gula merah 
      • 50 gram gula pasir {bisa sesuai selera}
      • 3 lembar daun pandan, simpulkan
      • 1/2 sdt garam
    • Bahan Saus Santan
      • 300 ml santan
      • 2 lembar daun pandan, simpulkan
      • 1/2 sdt garam
      • 1/2 sdt tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
CARA MEMBUAT 

  1. Campur ubi jalar yang sudah di kukus dan dihaluskan tadi dengan garam dan tepung tapioka, aduk rata. Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil sebesar kelereng atau sesuai selera, kemudian sisihkan

  2. Rebus air, gula merah, gula pasir, daun pandan, dan garam hingga mendidih. Angkat dan saring
  3. Masak kembali larutan gula hingga mendidih kembali, Masukkan biji salak, rebus hingga mengapung di permukaan {tanda bila biji salak matang}. Angkat
  4. Saus Santan  : Rebus santan, daun pandan, dan garam hingga mendidih sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah. Tuangkan larutan tepung maizena, masak hingga santan agak mengental. Angkat.
  5. siapakan mangkuk saji, masukkan bubur. Tuangi saus santan diatasnya.
  6. Sajikan selagi hangat.
Nah selamat mencoba, tips dari saya, pilihlah gula merah yang bagus, berwarna coklat tua, karena rasanya tergantung dari gula merah yang kita gunakan.

Porsi ini hanya untuk 5 orang, boleh di modifikasi jika memasak untuk satu keluarga besar, 1 porsinya mengandung 445 kalori, protein 2.7 gram dan lemak sebesar 4 gram, so yaa,, untuk cemilan sore di hari libur cocok banget deh. Yuk dicoba.


Nantikan Resep yang Lain juga ya,,, 😊😊😊









Tidak ada komentar: