Share

HAL HAL YANG PERLU MAMA SIAPKAN DALAM MENYAMBUT BULAN RAMADHAN


Assalamulaikum Ma, tak terasa saat ini kita sudah berada di bulan Rajab, itu artinya tinggal satu bulan lagi kita akan sampai di bulan yang penuh berkah dan ampunan yaitu bulan ramadhan. Bulan dimana kita belajar menahan hawa nafsu, satu bulan berpuasa menahan nafsu untuk makan dan minum, serta menahan nafsu dari perbuatan perbuatan yang dapat membatalkan puasa tersebut.Serta bulan yang penuh dengan nikmat Allah yang berlimpah.





Untuk menyambut bulan suci Ramadhan tersebut, ada beberapa hal yang harus mama siapkan dari jauh jauh hari, untuk satu bulan berpuasa, agar bulan puasa yang mama dan keluarga jalani penuh dengan hikmah dan mendapat ridho dari Allah Azza Wajalla.Aamiin.

Yuk Ma, perhatikan hal hal berikut :

1.       Persiapan Dana.
Tak bisa dipungkiri ya Ma,  dibulan ramadhan nanti kita akan butuh lebih banyak dana, karena dibulan puasa bakalan banyak hal hal yang ingin kita beli, baik untuk makanan berbuka, ataupun makanan sahur, yang pastinya akan sedikit berbeda dari bulan bulan lainnya, karena ini bulan istimewa, yaitu kita berpuasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari, kita dan keluarga perlu nutrisi lebih untuk menunjang kesehatan, karena kesehatan diri itu penting saat menjalani puasa nanti.

Jadi mulailah menabung ma, perkirakan dana yang akan kita gunakan nanti untuk bulan ramadhan, tak perlu banyak ma, yang penting cukup untuk membeli bahan makanan sesuai ukuran kemampuan keluarga. Tak lupa sedikit menabung untuk berbagi dengan orang lain yang sedang menjalani puasa juga, karena disana mama bisa mendulang pahala. So menabung yuk untuk persiapan bulan puasa.

2.       Persiapan Menu
Di bulan puasa nanti, kita pasti ingin memasak sesuatu yang berbeda dari bulan lainnya, mulai dari menu untuk berbuka puasa, maupun menu untuk sahur, mulailah hunting menu baik di internet maupun buku buku masakan lainnya.

Jika mama memcoba resep baru hasil dari searching di internet atau medsos, buatlah catatan kecil untuk dapur mama, agar nanti mama tidak susah untuk mempraktekkan menu tersebut dibulan puasa. Jika dirasa perlu print lah catatan menu mama tersebut dan laminating, kemudian mama bisa menyimpannya di rak pintu kulkas mama, agar memudahkan mama nanti untuk mengambilnya. Jadi Siap untuk hunting menu Ma?

3.       Persiapan Diri
Hal ini sebenarnya adalah hal utama yang setiap umat  muslim harus persiapkan dalam menyambut bulan suci ramadhan, bagi kita seorang perempuan, kita akan butuh tenaga ekstra untuk berpuasa nanti, karena kitalah yang akan memasak makanan untuk berbuka, memasak saat berpuasa itu butuh kesabaran dan kesehatan yang tinggi, karena jika kita lesu maka semua anggota keluarga juga akan lesu.

Memang di bulan puasa banyak orang yang akan berjualan di pasar pasar ramadhan, tapi masakan mama lebih ditunggu oleh keluarga. Bukan begitu Ma?. Apalagi Ketika Sahur tiba, kitalah sang mama yang akan mempersiapkan masakan untuk sahur, dimana mata masih mengantuk, namun hidangan hangat dari mama saat sahur akan sangat membantu keluarga untuk siap berpuasa hari itu.

Untuk itu sebelum bulan puasa tiba, komsumsilah suplemen tambahan, untuk menambah stamina mama dan keluarga, seperti suplemen penambah darah, vit B Komplek untuk kebugaran, dan vitamin vitamin lainnya. Mulailah berolahraga setelah sholat subuh, minimal mengerakkan seluruh anggota tubuh dan berlari kecil, agar tubuh mama sehat dan bugar menjelang ramadhan. Siap untuk Sehat sebelum bulan Puasa kan Ma?

4.       Persiapkan Anak dan Keluarga
Hal ini jangan dilupakan ya ma, ketika beberapa bulan lagi bulan puasa itu tiba, maka kita juga harus memberitahukan dan mengingatkan anggota keluarga lainnya, terutama bagi mama yang mempunyai anak anak, baik itu usia masih Balita maupun yang sudah remaja.

Untuk anak balita, katakan kepada mereka, bahwa sebentar lagi kita akan memasuki bulan puasa, bantu mereka dalam memahami bulan puasa itu, ceritakan juga kebaikan kebaikan bulan puasa padanya, mulailah ajarkan mereka apa itu bulan puasa, bagaimana berpuasa, dan hal hal lain yang berkaitan dengan puasa. Mama juga bisa menyediakan buku buku tentang puasa dan cerita cerita ringan kepada mereka, agar nanti mereka siap menghadapi bulan puasa dimana seluruh keluarga akan menjalaninya.

5.       Mulai Bayar Hutang
Jika disinggung soalan bayar bayar hutang, mama pasti lupa lupa ingat, apa ayo??. Ini hutang puasa tahun lalu lho ma, jika mama punya catatan puasa yang pernah tertinggal karena mama berhalangan sesuatu yang membuat mama tidak berpuasa yang sesuai syariat islam, maka mama wajib untuk menggantinya sebelum bulan puasa yang akan datang kembali.

Jika Mama lupa berapa hari mama berhutang puasa, maka niatkanlah puasa senin kamis mama sebagai puasa pengganti puasa wajib ramadhan yang tertinggal tahun lalu. Semoga Allah menerimanya.

Tips agar mama tidak lupa berapa puasa yang tertinggal, maka catatlah puasa mama yang tertinggal saat bulan puasa nanti, catatlah di kalender agar memudahkan mama untuk menghitungnya nanti, jangan lupa catat juga sebab mama meninggalkan puasa tersebut, hal ini bertujuan agar mama bisa bertanya ke para ustaz atau ustazah, tentang apa yang harus mama lakukan dengan puasa yang tertinggal tersebut apakah menggantinya atau membayar fidiyah.

6.       Banyak Banyak Berdoa
Berdoa memang sangat ampuh untuk menenangkan jiwa dan raga kita, saat berdoa kita seakan berbicara kepada Sang Pencipta kita, meminta apapun yang ingin kita minta, mengadu apapun yang ingin kita adukan, karena Dia lah Allah sang Penguasa Alam Semesta yang akan mampu menampung dan mengabulkan segala doa kita. “Berdoalah kepadaKu Niscaya akan Aku Kabulkan doa mu” begitu Firman Allah Subhanahu Wataala kepada kita umat manusia.

Maka beberapan bulan sebelum bulan puasa yang penuh ampunan tersebut tiba, sepatutnyalah kita banyak banyak berdoa, berdoa agar umur kita sampai di bulan puasa tahun ini, berdoa agar kita mampu melaksanakan puasa dibulan puasa tahun ini, berdoa agar kita bisa meraih nikmat dan pahala puasa, berdoa agar kita dan keluarga diberi kesehatan dalam menjalani bulan puasa nanti, berdoa agar kita dimudahkan rejeki dan bisa berbagi dengan sesama, dan doa doa lain yang ingin kita minta ke pada Allah Sang Maha Pemurah. Yuk banyak berdoa ma.

Dengan beberapa kesiapan mama dalam menghadapai bulan puasa, mama dan keluarga akan lebih mudah menjalani bulan puasa nanti, dan keluarga yang siap menjalani bulan puasa, maka akan besar kemungkinan meraih Rahmat, Ampunan dan Karunia Allah. Insyaallah keluarga kita di ridhoi oleh-Nya. Aamiin Ya RabbalAlamin. Selamat Menyambut Bulan Puasa Ma.




















Tidak ada komentar: